Sabtu, 17 April 2010

Bedah Artikel Penerbit Gema Insani

BEDAH ARTIKEL PENERBIT GEMA INSANI

Sejarah Singkat

Sebuah perusahaan penerbitan buku yang telah berdiri di Jakarta sejak 29 April 1986 dan memiliki nama Gema Insani sebagai wadah dan payung untuk dijadikan cover aktivitas kesehariannya. Pada saat awal berdirinya, Gema Insani sempat menghadapi masa-masa sulit, ketika masyarakat tidak menjadikan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan. Namun, berkat ketekunan H. Umar Basarahil, pada tahun 1990, Gema Insani mengalami kemajuan. Kemajuan tersebut di dapat ketika bangsa kita menghadapi krisis ekonomi pada tahun 1997 dan krisis global tahun 2009 lalu. Pada tahun tersebut, bisnis penerbitan buku-buku Islami naik ke puncak, mengalahkan bisnis buku ilmu pengetahuan populer dunia barat. “Rupanya kaum muslimin dan muslimah menyadari bagaimana pentingnya mengisi otak dan kalbu dengan ilmu, dari pada hanya mengisi perut, ketika resesi ekonomi dan krisis global menyerangnya,” kata Muhammad Ali, pengelola Gema Insani Bandung.

Perusahaan penerbitan buku ini telah menerbitkan buku pertamanya yang berjudul "Perang Afghanistan" ,dan hingga saat ini telah menerbitkan buku lebih dari 1000 judul yang meliputi Akidah,Syari'ah, Syakhsiyah(Kepribadian), Mar'ah(Kewanitaan), Dakwah, Harakah(Pergerakan), Politik, Ekonomi, Manajemen, Kamus dan lain-lainnya dengan penulis bertaraf nasional dan internasional.Kesemuanya itu dicetak sendiri menggunakan peralatan yan
g berkualitas dengan mempertimbangkan mutu. Beberapa kali Gema Insani mendapat penghargaan, diantaranya Juara buku non fiksi “Wajah Peradaban Barat,” “Tren Pluralisme Agama,” “Hegemoni Kristen Barat,” dan “Hijrah dalam Pandangan Al Quran”. Buku, bagi H. Umar Basarahil, adalah pusat ilmu pengetahuan, sekaligus petunjuk bagi orang-orang yang tersesat.



VISI DAN MISI

Visi

" menjadi perusahaan penerbit yang terbaik dan terbesar di Indonesia dengan senantiasa mengutamakan kepuasan konsumen yang membaca buku tersebut dan menjunjung tinggi tingkat kepercayaan para pemegang saham serta mitra kerjaperusahaan tersebut."

Misi

" menjalankan usaha yang telah di jalani dan telah di landasi dengan kepekaan yang tinggi untuk senantiasa berorientasi kepada pasar atau konsumen, dan kepekaan serta kepedulian untuk senantiasa memperhatikan kepuasan para konsumendan untuk senantiasa memperhatikan lingkungan yang dilakukan secara optimal agar dapat memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung jawaban kepada pemegang saham.”

KUALITAS / MANFAAT
pada buku terbitan Gema Insani ini kualitas sangat terjaga, baik covernya yang mendukung maupun isi dari bacaan itu sendiri yang sangat bermanfaat bagi si pembaca.

PEMAKAIAN
-
Pada buku ini kapan pun dan dimana pun dapat di baca
- Pada buku ini kalangan manapun bisa membacanya. dari yang tua sampai yang muda

MANAJEMEN PEMASARAN

Didalam Penerbitan Gema Insani dibutuhkan Manajemen Pemasaran dari Penerbitan buku tersebut. Manajemen yang di butuhkan oleh Penerbitan Gema Insani adalah Manajemen Pemasaran Syariah. Manajemen yang selalu melaksanakan prinsip - prinsip syariah yang ada di dalam penerbitan buku Gema Insani ini.

Manajemen Pemasaran Gema Insani

Industri buku di Indonesia saat ini sangat menggairahkan, karena potensi pasar buku di Indonesia masih terbuka lebar mengingat Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan juga tingkat membaca yang lebih rendah di bandingkan dengan di negara lain di dunia. Oleh karena itu, industri buku di Indonesia terus bertambah.

Hal ini menjadi peluang bagi Penerbitan Gema Insani untuk mengembangkan bisnisnya di masa yang akan datang, karena saat ini penerbit - penerbit baru sudah banyak muncul di industri buku di Indonesia, tetapi Penerbit Gema Insani sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat, jadi Gema Insani tidak perlu takut dalam menghadapi persaingan di dalam dunia bisnis di Indonesia.
Penerbit Gema Insani juga mengalami tantangan bisnis untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia yang lebih memilih buku dari Penerbit lain di bandingkan dengan penerbit Gema Insani.


Perilaku tersebut dapat terbentuk karena adanya persepsi yang tidak tepat mengenai Penerbitan Gema Insani, antara lain mengenai persepsi mengenai adanya buku yang covernya tidak bagus, bacaannya tidak berbobot. Persepsi tersebut dapat terbentuk karena kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan keunggulan buku terbitan Gema Insani. untuk mengubah persepsi tersebut, Gema Insani memerlukan strategi komunikasi pemasaran untuk mengedukasikan masyarakat mengenai tidak adanya cover yang tidak bagus maupun bacaan yang tidak berbobot atau tidak menarik.

dalam proses edukasi tersebut, Penerbit Gema Insani perlu menargetkan terlebih dahulu kepada para mahasiswa, karena mahasiswa adalah calon generasi penerus bangsa yang harus banyak mengetahui tentang bagaiman kejamnya dunia pekerjaan.


PEMASARAN PENERBIT GEMA INSANI

Kekuatan Penerbit Gema Insani terletak pada visi pemasaran yang terfokus terus - menerus membangun merek yang kuat dan dapat melebarkanragam produk yang dihasilkan oleh Penerbir Gema Insani.

Untuk melaksanakan hal ini, Penerbit Gema Insani telah melakukan investasi yang signifikan dalam aktivitas pemasaran, teknologi, pengembangan produk, dan yang paling penting distribusi.
Perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki jaringan distribusi yang luas di Indonesia. Hal ini dapat dicapai oleh adanya sistem distribusi yang ada di perusahaan Gema Insani.

Pemasaran Penerbitan Gema Insani Di Indonesia

Pola konsumsi buku di Indonesia sangat menarik untuk disimak karena pola konsumsi buku di Indonesia didominasi oleh buku - buku lain. Pola konsumsi buku tersebut berkebalikan dengan Negara-negara lain di dunia dimana Negara-negara tersebut lebih banyak mengkonsumsi buku di bandingkan di Indonesia.
Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk buku menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan buku yang terkemuka di Indonesia, Penerbit Gema Insani berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut.

Penerbit Gema Insani mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat kami terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa kami dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.

Penerbit Gema Insani mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia.

PERKEMBANGAN PENERBITAN GEMA INSANI

Sebagai pemimpin pasar, Penerbit Gema Insani selalu berusaha untuk tetap berada di baris terdepan untuk kegiatan penelitian, pengembangan dan pengawasan mutu. Melalui penelitian yang berkesinambungan terhadap kebutuhan pasar dan perubahan permintaan konsumen, perusahaan ini telah mengembangkan produk-produk baru yang mampu memertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan cepat dan sebagai hasilnya, perusahaan ini sudah mengembangkan jumlah ragam produknya dari produk tunggal, yang mana sebagian besar adalah pemimpin pasar.

Penerbit Gema Insani sangat bertekad penuh akan kualitas produk. Mulai dari bahan baku hingga produk jadi, sistem pengawasan mutu dijalankan dengan ketat, tidak hanya pada produknya saja, tapi juga pada proses produksi dan penyimpanannya agar covernya m,asih dapat terlihat bagus.

Di samping itu, mengingat sebagian besar konsumen Indonesia beragama Islam, kami pun bertekad bulat memenuhi semua persyaratan kualitas produk Halal. Semua produk Penerbit Gema Insani sudah mendapatkan Sertifikat Halal yang resmi dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Keseluruhan sistem kualitas Penerbit Gema Insani ini telah mendapatkan reputasi terbaik dari semua konsumen.


Contoh Artikel

ANALISIS KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN PRODUK

Abstrak

Di dalam era globalisasi dimana setiap perusahaan dapat berusaha dengan mudah menembus lintas batas antar negara maka persaingan di dalam industri perdagangan semakin ketat , khususnya dengan semakin banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia dari negara-negara industri baru dan menjadikan Indonesia sebagai pasar dengan sistem penjualannya yang lebih ofensif dengan harga produk yang lebih kompetitif. Maka untuk dapat bertahan dan dapat meningkatkan keunggulan bersaing tidak dapat dicapai tanpa merumuskan strategi yang tepat. Perumusan strategi yang dibuat harus mempertimbangkan kondisi internal dan eksternal perusahaan. Di dalam melakukan perumusan strategi pemasaran tersebut dapat digunakan analisis SWOT yang berbasis analisa Keunggulan Bersaing Strategi pemasaran yang diusulkan adalah meningkatkan kualitas dan kinerja SDM, mempertahankan dan meningkatkan pasar yang lebih luas khususnya pendistribusian, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan manajemen keuangan untuk mengantisipasi perubahan ekonomi, mengembangkan teknologi yang sudah ada, meningkatkan promosi di berbagai media, ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja Penerbit Gema Insani di Indonesia.

Kamis, 08 April 2010




ANALISIS M . PORTER

Suatu industri berbeda antara satu dan lainnya didasarkan atas karakteristik ekonomi (produk yang dihasilkan dan konsumen yang diperebutkan), situasi persaingan, dan prospek perkembangan nya di masa datang.


Kerangka tentang analisis industri dan persaingan secara singkat dapat di formulasikan ke dalam bentuk beberapa pertanyaan sebagai berikut;

  1. Apa karakteristik ekonomi yang berpengaruh dalam suatu industri tertentu
  2. Apa faktor yang mempengaruhi kendali perubahan dalam suatu industri dan apa dampak dari masing masing kekuatan pendorong tersebut
  3. Kekuatan persaingan apa yang cukup dominan berpengaruh dalam suatu industri
  4. Jenis industri apa yang mempunyai posisi persaingan dominan dan yang tidak
  5. Bagaimana prospek dari msing masing jenis industri potensial di masa datang

Walaupun kekuatan persaingan dalam suatu industri tidak persis sama, namun secara umum , persaingan dalam suatu industri terbentuk dari lima kekuatan pembentuk persaingan. Dapat dilihat dari bagan M. PORTER






  1. Persaingan berdasarkan substitusi merupakan persauaingan dari produk pesaing dari Penerbit Gema Insani. Strategi yang dilakukan pada Penerbit Gema Insani adalah penciptaan nilai tambah bagi pelanggan melalui pembaharuan cover, peningkatan layanan, memuaskan pelanggan.
  2. Untuk pembeli, diumumkan untuk semua kalangan namun khususnya lebih kepada remaja. Apalagi untuk novel, banyak sekali para remaja yang membacanya.
  3. Pengarang dari Penerbit Gema Insani tidak hanya dikarang oleh Penerbit Gema Insani, melainkan bisa juga dari pengarang diluar Gema Insani
  4. Pendatang baru dari Penerbit Gema Insani khususnya untuk Penerbit sejenis seperti Gramedia itu akan menjadi pesaing. karena itu Gema Insani memerlukan promosi dan penentuan harga serta cover yang menarik agar dapat bertahan walaupun banyak pesaing - pesaing diluar sana
  5. Persaingan antar penerbit sangatlah menjadi sebuah tantangan untuk Penerbit Gema Insani dalam memajukan usahanya dan tidak mengalami kemunduran di dalam melakukan produksi. Penerbit Gema Insani dituntut mampu bersaing dengan para kompetitor domestik maupun internasional dengan strategi improvement layanan kepada para customer yang ada.